Wednesday, March 30, 2011

Kebutuhan Emotional Dasar

Kebutuhan emosi dasar yang terdapat 4 macam personality yang meliputi Koleris, sanguinis, melankolis dan Phlegmatis.


Koleris : mempunyai hasrat dan kebutuhan atas rasa penghormatan akan kemampuan, kerja keras, dan pencapaian prestasi mereka.Orang ini mempunyai ambisi, gairah, dan energi untuk menjadi dominan diantara orang lain disekitarnya. Serta terlahir alami sebagai pemimpin. Dalam melakukan pekerjaan dengan sebuah tim, dia cenderung mempunyai prinsip "Let's Do it My Way!".

Sanguinis : sangat membutuhkan perhatian, persetujuan, dan kasih sayang. Orang ini sangat people-oriented (mengutamakan hubungan baik dengan orang lain), optimis, ceria, percaya diri, dan populer. Mereka biasanya mempunyai energi dan gairah yang besar, namun kesulitan dalam menjaga konsistensi energi dan gairahnya serta dalam mengarahkan penggunaan energi dan gairah tersebut. Sebelum melakukan sesuatu tidak jarang mereka harus mengukur lebih dahulu kesenangan yang bakal mereka dapatkan. Prinsipnya adalah "Let's Do the Most Comfortable Way!".

Melankolis : mempunyai obsesi terhadap kebeneran, keteraturan, dan kesempurnaan. Orang ini bisa sangat kreatif dan ceradas, namun tidak bisa mengambil keputusan yang cepat karena terlalu banyak pertimbangan akibat dari kesempurnaan yang ingin dia dapatkan, fan cenderung melihat sesuatu dari sisi negatifnya terlebih dahulu, serta cenderung introvert. Prinsip hidupnya adalah "Let's Do the Right Way!".

Phlegmatis : damai, tanpa konflik, kestabilan, dan kestabilan dalam segala hal. Orang ini tidak suka dengan kejutan dan mempunyai resistensi yang besar terhadap suatu perubahan, apalagi yang bersifat dadakan. Prinsip kerjannya "Let's Do it the Easiest Way!".

Form:
Brain Management Series
Brain Management for Managing People
By Sutanto Windura

No comments:

Post a Comment