Thursday, March 31, 2011

Kolesterol Jahat dan Baik

Dalam makanan dan tubuh terdapat kolesterolbaikd an jahat, oleh sebab itu perlu diketahui terlebih dahulu apa dan bagaimana bentuk kolesterol itu sendiri.


Kolesterol JAHAT (LDL)
Low-Density Lipoprotein atau Kolesterol LDL, disebut sebagai kolesterol "JAHAT", karena merupakan faktor resiko utama serangan jantung. LDL yang berlebihan akan menumpuk di salam saluran darah anda dan dapat mengakibatkan penyakit jantung, sehingga LDL dalah target utama dari pengobatan dislipidema.

Kolesterol BAIK (HDL) 
High-Desinty Lipoprotein atau HDL disebut sebagai kolesterol "baik", karena di percaya dapt mengeluarkan LDL dari darah. Tingginya HDL dalam darah dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, dan sebliknya rendahnya HDL dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung.


TRIGLISERIDA
adalah jenis lemak yang lain juga melewati saluran darah. Kebanyakan jaringan lemak tubuh , yang berasal dari lemak dalam makanan, dalam bentuk trigeliserida yang disimpan untuk tenaga. Tingginya kadar triserida menjadi salah satu faktor tambahan terhadap serangan jantung.


From:
Pedoman Sehat untuk Masalah Kolesterol
Pfizer 3 rings - Peduli Kolesterol "Peduli Sebelum terlambat" -


Information:
Dislipidemia merupakan kelaianan metabolisme lipid yang ditandai oleh kelainan (peningkatan atau penurunan ). Fraksi lipid dalam plasma ,kelaianan fraksi lipid yang utama adalah kenaikan kadar kolesterol total,kenaikan kadar trigliserid serta penurunan kadar kolsterol HDL.

No comments:

Post a Comment